Tips Menghemat kuota internet

12.15
Tips Menghemat Kuota Paket Data pada HP Smartphone – Pada tips ini kami dari profesional Leximu akan memberikan tips dan trik cara bisa menghemat kuota paket data internet kamu yang terbatas, karena harga layanan provider internet di Indonesia juga cukup mahal sehingga kita perlu pintar untuk mengantisipasi penggunaan kuota internet berlebihan agar tidak berujung kepada pemborosan uang atau pulsa yang dihabiskan untuk membayar provider handphone smartphone.

Paket data dalam handphone smartphone di jaman ini merupakan salah satu hal yang penting, paket internet sangat diperlukan jika tidak kamu tidak akan bisa melakukan chatting di WhatsApp, LINE, BBM, Facebook Messenger, WeChat, atau bersosialisasi di media sharing Facebook, Instagram, Path, LinkedIn, StumbleUpon, MySpace dan masih banyak lagi.



Tips Menghemat Paket Data Internet Smartphone
Tips Menghemat Paket Data Internet Smartphone

Di sisi yang sama kamu memerlukan agar kuota paket data internet terus awet dikarenakan tarif yang dikenakan atau pulsa yang ditarik agar kita bisa menggunakan layanan paket internet dari provider di Indonesia masih relatif cukup mahal. Lalu bagaimana cara menyiasatinya agar pemakaian kuota internet paket data menjadi lebih hemat? nah pada kesempatan kali ini tim profesional dari Lximu akan membagikannya kepada pembaca sekalian.

HP smartphone bisa dikatakan jenis HP yang paling banyak mengambil sumber daya paket data internet jika dibandingkan dengan handphone jenis lainnya. Hal ini disebabkan oleh smartphone yang di dalamnya termasuk yaitu handphone sistem operasi Android, sistem operasi Windows Phone, sistem operasi BlackBerry dan iPhone yang ber-sistem operasi iOS memiliki sangat banyak fungsi yang hanya dapat ditunjang oleh koneksi internet yang selalu ada dan stabil berkesinambungan.

Pada dasarnya semua tipe handphone smartphone memiliki karakteristik yang sama dalam penggunaan mobile data baik itu handphone Windows Phone seperti yang dikeluarkan oleh Nokia, maupun HP Android yang menggunakan OS berbasis Android yang saat ini paling digemari di Indonesia, ataupun smartphone Apple iPhone yang menggunakan sistem operasi iOS, mereka memiliki karakteristik yang sama dalam penggunaan mobile data karena memiliki tujuan yang sama yang hendak dicapai yaitu mempermudah komunikasi dan penyaluran informasi melalui media yang didukung saat ini yaitu jaringan telepon dan internet. Walau terdapat perbedaan dalam bagaimana cara mereka menyajikan tampilan dan menu pada HP smartphone mereka masing-masing.

Penyebab dari tidak hematnya penggunaan paket data internet pada handphone smartphone adalah jumlah aplikasi pada smartphone yang sangat banyak sehingga pengguna handphone jenis smartphone cenderung men-download banyak aplikasi dan berakibat kepada penggunaan paket data internet berlebih baik dalam proses download aplikasi maupun penggunaan aplikasi smartphone tersebut, oleh karena kebanyakan dari aplikasi yang kita dapatkan dari Webstore: Appstore untuk iOS dan Windows Phone atau Play Store untuk pengguna handphone berbasis Android membutuhkan koneksi internet untuk dijalankan secara normal.

Dalam rangka penghematan penggunaan data internet pada smartphone kami telah mengumpulkan beberapa penyebab mengapa pemakaian paket data kamu sering boros, yang bahkan mungkin beberapa orang sama sekali tidak menyadarinya, dari dasar penyebab boros internet itu kami juga telah siapkan kiat-kiat bagaimana tips menghemat penggunaan mobile data internet sehingga penghematannya kamu masih bisa gunakan untuk keperluan lain.

Tips Menghemat Paket Data Internet SmartphoneTips Menghemat Paket Data Internet Smartphone

Mode Standby
Pada handphone tipe smartphone ada yang disebut dengan mode standby, pada mode ini smartphone akan tetap aktif menggunakan lalu lintas internet untuk mengecek konten online apa saja yang telah berubah dari masing-masing aplikasi smartphone kamu. Jadi ketika kamu membiarkan HP kamu tanpa digunakan, smartphone tersebut akan tetap terus menggunakan paket data internet.

Mode Standby Smartphone Tidak Menghemat Kuota Paket DataMode Standby Smartphone Tidak Menghemat Kuota Paket Data

Tipsnya untuk menghemat penggunaan mobile data smartphone kamu bisa menonaktifkan HP smartphone kamu kapanpun ketika memungkinkan, contohnya ketika kamu akan tidur.

Alternatif trik lainnya minimal kamu bisa menonaktifkan mobile data yang tombolnya biasanya dapat mudah ditemukan dalam handphone smartphone. Kedua tips mode di atas akan memiliki fungsi yang sama yaitu membatasi penggunaan internet di HP kamu.

Streaming Youtube
Streaming YouTube Bikin Paket Data Boros
Streaming YouTube Bikin Paket Data Boros

Pengguna HP smartphone kadang tidak tahu bahwa streaming video di Youtube memakan banyak sekali kuota paket data internet. Oleh karena itu kuota menjadi cepat habis walaupun hanya digunakan dalam beberapa saat aja, mengingat streaming video Youtube sama halnya dengan mendownlaod video, tanpa diragukan lagi menonton video YouTube secara online dapat cepat menghabiskan paket data internet.

Hal yang bisa kamu lakukan tentang ini untuk kebiasaan untuk tips hemat internet smartphone, kamu bisa menonton hal yang penting saja sebab penggunaan internet untuk aktivitas ini sangat besar.

Video Call
Video Call Dengan Internet Mobile Data
Video Call Dengan Internet Mobile Data

Saat ini banyak sekali aplikasi chatting yang sudah dilengkapi dengan fasilitas video call, sebut saja LINE, Facebook Messenger, WhatsApp dan WeChat. Tapi tahukah anda bahwa video call akan sangat memakan banyak kuota saat digunakan? Ya, sebaiknya kamu melakukan video call dengan menggunakan koneksi WiFi agar kuota internet tidak cepat habis. Melakukan video call kami sarankan sebisa mungkin kamuuntuk menggunakan fasilitas WiFi publik atau wifi di rumah kamu sebab aktivitas video call mengkonsumsi data internet dengan cepat.

Download File
Download File Besar? Gunakan WiFi!
Download File Besar? Gunakan WiFi!

kadang kita melakukan download file dalam ukuran besar. Download file tersebut dapat membuat kuota paket internet cepat habis. Sebaiknya anda melakukan download maupun upload file besar di HP smartphone Android, iOS, atau Windows Phone menggunakan WiFi. Penggunaan WiFi dapat kita maksimalkan untuk tugas ini, selain lebih hemat kita juga biasanya kurang sabar dalam menunggu download yang lama jika menggunakan mobile data provider smartphone.

Sering Browsing
Browsing Internet
Browsing Internet

Melakukan browsing internet di halaman-halaman yang memiliki banyak gambar dan video juga dapat menguras kuota paket data internet. Hal ini agak sulit untuk disiasati karena sifat kita yang haus akan informasi sulit untuk dibatasi, adalah hal yang wajar jika kita ingin tahu banyak hal yang berasal dari internet.

Tipsnya untuk menghemat internet data smartphone Android, iOS, atau Windows Phone adalah dengan menggunakan browser hemat kuota seperti UC Browser, Opera Mini dan sejenisnya.

Demikianlah hal-hal yang dapat kita lakukan dalam rangka mencegah penggunaan mobile data pada HP smartphone Android, iOS, atau Windows Phone yang berlebih. Kita bisa lebih berhemat internet dengan tips-tips tersebut karena pulsa yang semakin hari semakin mahal. demikianlah artikel tips menghemat penggunaan kuota paket data internet, pasti berguna untuk kamu, salam dari Leximu.

Artikel Terkait

Latest
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar